TUGAS SISTEM PAKAR

 



  1. User Interface (Antarmuka Pengguna)

    • Tempat pengguna (user) memasukkan pertanyaan, data, atau gejala.

    • Sistem menampilkan hasil/solusi kepada user.

  2. Knowledge Base (Basis Pengetahuan)

    • Berisi fakta, aturan, dan pengetahuan dari pakar.

  3. Inference Engine (Mesin Inferensi)

    • “Otak” sistem yang memproses input user berdasarkan basis pengetahuan.

    • Menggunakan metode penalaran untuk menghasilkan solusi.

  4. Working Memory (Memori Kerja)

    • Menyimpan data/pertanyaan yang sedang diproses.

  5. Explanation Facility (Fasilitas Penjelasan)

    • Memberikan alasan mengapa sistem memberikan solusi tertentu.


Contoh Alur Kerja

Kasus: Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi

  1. User memasukkan input → contoh: “Daun padi menguning dan ada bercak coklat.”

  2. User Interface menerima input lalu meneruskannya ke Inference Engine.

  3. Inference Engine membandingkan input dengan aturan di Knowledge Base.

    • Aturan: Jika daun menguning + ada bercak coklat → kemungkinan penyakit hawar daun.

  4. Sistem menyimpan proses di Working Memory.

  5. Inference Engine memilih solusi → “Tanaman padi terkena hawar daun. Solusi: gunakan fungisida sesuai dosis.”

  6. Explanation Facility menjelaskan alasan solusi tersebut.

  7. Output ditampilkan ke user melalui antarmuka.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 10 linear search dan binery search

Tugas Doubly linked list