TUGAS SISTEM PAKAR
User Interface (Antarmuka Pengguna)
-
Tempat pengguna (user) memasukkan pertanyaan, data, atau gejala.
-
Sistem menampilkan hasil/solusi kepada user.
-
-
Knowledge Base (Basis Pengetahuan)
-
Berisi fakta, aturan, dan pengetahuan dari pakar.
-
-
Inference Engine (Mesin Inferensi)
-
“Otak” sistem yang memproses input user berdasarkan basis pengetahuan.
-
Menggunakan metode penalaran untuk menghasilkan solusi.
-
-
Working Memory (Memori Kerja)
-
Menyimpan data/pertanyaan yang sedang diproses.
-
-
Explanation Facility (Fasilitas Penjelasan)
-
Memberikan alasan mengapa sistem memberikan solusi tertentu.
-
Contoh Alur Kerja
Kasus: Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi
-
User memasukkan input → contoh: “Daun padi menguning dan ada bercak coklat.”
-
User Interface menerima input lalu meneruskannya ke Inference Engine.
-
Inference Engine membandingkan input dengan aturan di Knowledge Base.
-
Aturan: Jika daun menguning + ada bercak coklat → kemungkinan penyakit hawar daun.
-
-
Sistem menyimpan proses di Working Memory.
-
Inference Engine memilih solusi → “Tanaman padi terkena hawar daun. Solusi: gunakan fungisida sesuai dosis.”
-
Explanation Facility menjelaskan alasan solusi tersebut.
-
Output ditampilkan ke user melalui antarmuka.

Komentar
Posting Komentar